Kurikulum

KURIKULUM DAN SISTEM PENDIDIKAN SDIT NUR-RAHMAN

A. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), dikembangkan dengan
pendekatan terkini dan berorientasi pada :

1. Kebutuhan perkembangan siswa
2. Kebutuhan siswa untuk lulus
3. Kebutuhan melanjutkan sekolah

B.Kurikulum Khas NUR-RAHMAN

1. Kurikulum pengembangan diri :
Character Building ala Rasulullah SAW, Bimbingn Konseling, Pramuka, Paskibra dan ekstrakurikuler.
2. Kurikulum ke IT-an :
Tahisn-Tahfidz Qur’an, Mentoring for kids, Bahasa Arab, PAI Terpadu (aqidah, Fikih, Siroh, Akhlak dan Hadits). Berbeda dengan Sekolah pada umumnya SDIT NUR-RAHMAN DELTA MAS juga menerapkan konsep dasar Integrated Learning, Integrated activity dan Integrated curriculu” Artinya seluruh program dan aktifitas anak yang ada disekolah mulai dari belajar, bermain, makan, dan beribadah dikemas dalam suatu sistem pembelajaran.

KURIKULUM KHAS ( Muatan Lokal )
SDIT NU-RAHMAN DELTA MAS

1. Ibadah praktis ; yaitu pengajaran agama yang diorientasikan pada pengenalan ibadah secara praktis sehingga mudah dilakukan oleh anak dan merupakan aplikasi pembelajaran agama islam di kelas.

2. Tujuan ;
a. Siswa hapal dengan baik dan benar surat surat pendek dalam juz amma dan ayat ayat pilihan dalam Al-Qur’an, doa, dzikir sehari hari.
b. Siswa terbiasa dengan adab dan tata cara amaliyah atau ibadah sehari hari dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan syar’i, dan dapat menghayati bahwa seluruh aktivitas sehari hari mereka memiliki nilai ibadah pada Allah SWT, materi doa doa sehari hari yang diajarkan oleh rasulullah SAW surat surat pendek dalam juz amma, juz 30,29 s/d ayat ayat pilihan dalam Qur’an adab adab yaumiyah, dan amaliyah ibadah.

2. Al-Qur’an, Yaitu sesuai sabda Rasulullah SAW : ” Sebaik baik kamu adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya ” ( H.R. MUSLIM ). Sebagai bentuk amalan dari hadits diatas adalah SDIT NUR-RAHMAN melaksanakan program pengajaran Al-Qur’an sebagai program unggulan dan utama sejalan dengan tujuan Yayasan untuk menyiapkan generasi beraklhlak mulia dan berprestasi akademis tinggi.